Rabu, 02 September 2015

Keunggulan dan Perkembangan Psikologi

Hari ini aku mau bahas tentang jurusanku yaitu psikologi yeaayyyyy akhirnya :D

Kalian pasti mengira
psikologi itu identik dengan orang gila? iya itu salah satunya, sebelum bilang gitu, sebaiknya kita harus terlebih dahulu tahu tentang arti psikologi itu sendiri.

Psikologi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental manusia secara ilmiah. Di psikologi akan mempelajari tentang kehidupan kejiwaan manusia meliputi perasaan, sikap, pikiran, serta proses kejiwaan lainnya. Tidak hanya mencari tahu masalah2 kejiwaan manusia, kita juga akan diajarkan cara mencari solusi atas beragam permasalahan di masyarakat.

Psikologi banyak macamnya, ada psikologi klinis, psikologi perkembangan, psikologi industri dan organisasi, psikologi pendidikan dan psikologi sosial.
  • Psikologi Klinis adalah ilmu yang mempelajari dan menganailisis tentang psikologis kejiwaan yang terjadi pada masyarakat.
  • Psikologi Perkembangan adalah psikologi yang mempelajari tentang perkembanngan manusia dari sejak lahir hingga lanjut usia.
  • Psikologi Industri dan organisasi adalah psikologi yang membahas tentang pengembangan manusia dan perilaku manusia dalam konteks industri organisasi, dan juga timbal balik antara individu dan organisasi tempatnya berkarya.
  • Psikologi pendidikan adalah psikologi yang mempelajari tentang mendidik anak secara akademik, emosi, dan sosialisasi dan juga mengubah cara berpikir anak-anak menjadi lebih kreatif.
  • psikologi sosial adalah psikologi yang membahas tentang perilaku sosial sebagai proses interaksi individu dengan lingkungan berkelompok. 
Keunggulan psikologi biasanya mempunyai peluang kerja yang banyak. berikut adalah contoh peluang kerja yaitu setelah lulus kita bisa melamar menjadi HRD. apa itu HRD? HRD adalah human resources development yang pasti setiap perusahaan membutuhkan jasa HRD. kemudian kita juga bisa menjadi konselor, kita bisa menjadi konselor anak atau yang lainnya, di perusahaan konselor dibtuhkan dengan mengkonseling karyawan. selanjutnya Psikolog, Peneliti, Dosen Psikologi, guru bimbingan konseling, trainer, penulis buku dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar